Gubernur VBL Dukung Peningkatan Produksi Biopestisida

Img 20230214 wa0188 1 jpg

SOROTNTT.COM-Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) pada Selasa 14 Februari 2023 mengunjungi UPT Perbenihan, Kebun Dinas dan Laboratorium Hayati Perkebunan (PKDLHP) pada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi NTT. Gubernur turut didampingi Kepala Dinas Pertanian Lecky F. Koli, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi NTT Henderina Laiskodat, Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi NTT Prisila Q. Parera, Staf Khusus Gubernur Bidang Pertanian, Peternakan dan Energi
Prof. Fred Benu serta Kepala UPT PKDLHP Dewi Manek.

BACA JUGA:
Gubernur VBL Minta Masyarakat Sumba Barat Daya Kembangkan Tanaman Hortikultura

Dalam kunjungan di UPT PKDLHP tersebut Gubernur mengamati secara langsung proses produksi biopestisida diantaranya jamur trichoderma, metarizium dan beauveria yang termasuk agen pengendali hayati untuk pengendalian hama dan penyakit tanaman. Proses pembuatan biopestisida tersebut dimulai dari eksplorasi dan penyediaan isolatnya, pembuatan starter dan perbanyakan untuk produksi massal sesuai kebutuhan.

Untuk diketahui, biopestisida merupakan pestisida hayati yang bahan utamanya berasal dari makhluk hidup seperti mikroorganisme, bakteri, cendawan, dan nematoda. Biopestisida digunakan untuk mengendalikan hama seperti serangga atau penyakit yang mengganggu, merusak, atau menyerang tanaman. Biopestisida dapat dikatakan ramah lingkungan karena tidak adanya kandungan zat racun yang berbahaya bagi kesehatan manusia dan lingkungan yang tentu sangat berbeda dibanding dengan pestisida kimia yang biasa digunakan.