Jadi Tuan Rumah KTT ASEAN, NTT Jadi Pendukung Utama Pelaksanaan Kegiatan

IMG 20230503 WA0011 2 jpg

SOROTNTT.COM-Labuan Bajo telah ditetapkan sebagai Tuan Rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN atau ASEAN SUMMIT Tahun 2023. Masyarakat NTT dihimbau untuk mendukung penyelenggaraan KTT ASEAN di Labuan Bajo yang berlangsung dari tanggal 9-11 Mei 2023.

Hal ini ditegaskan oleh Wakil Gubernur NTT, Josef Nae Soi (JNS) dalam kegiatan jumpa pers bersama wartawan di Kantor Gubernur, Selasa (2/5).

BACA JUGA:  Tiba di Labuan Bajo, Presiden Ikuti Simulasi Penyambutan Pemimpin ASEAN

“Beberapa hari lalu (Kamis,27/4, red), saya diundang untuk mengikuti Rapat Terbatas yang dipimpin langsung oleh Presiden di Istana Negara. Dalan kesempatan itu, Presiden tegaskan sebagai tuan rumah, NTT adalah pendukung utama. Dalam arti kita tidak membahas substansi pertemuan, tapi kita mendukung supaya substansi pertemuan dan kegiatan KTT berjalan lancar,” kata Wagub JNS dalam kesempatan tersebut.

Wagub Nae Soi menghimbau kepada seluruh masyarakat NTT untuk menerima tamu dari seluruh ASEAN dengan antusias.

BACA JUGA:  Amankan Pilkada Di Manggarai , Polres Matim Geserkan 70 Personil

“Ini pertama kali dalam sejarah berdirinya Provinsi NTT, kita dipercaya sebagai tuan rumah KTT Internasional. Biasanya di Jakarta atau di Bali. Tapi sekarang ada satu tempat baru yakni NTT khususnya Labuan Bajo. Selama KTT, akan ada penerapan daerah sangat terbatas, terbatas dan area bebas di Labuan Bajo. Hal ini sudah lazim dalam protokoler penyelenggaraan KTT. Para tamu dari ASEAN akan diterima dengan tiga tarian yakni Tarian Tiba Meka, Tarian Rangkuk Alu dan Tarian Caci. Semua kepala negara juga akan diberikan baju tenun NTT yang disiapkan secara khusus oleh Dekranasda NTT dan cindera mata khas NTT termasuk sepeda bambu made in (buatan, red) NTT,” jelas Wagub NTT.