Mengurai Benang Kusut Pengembangan Proyek Geothermal 20 x 2 MW Poco Leok

20230228 165933 4 jpg

Oleh : Willy Grasias

Saat ini era digital menjadi sangat penting bagi kehidupan manusia modern, disini sumber energi terbarukan yang mulai diperhatikan dan dikembangkan untuk menopang kehidupan manusia modern adalah listrik.

Listrik menjadi sumber energi yang vital baik untuk masa depan maupun masa sekarang, setiap hal yang dilakukan manusia modern tergantung dengan listrik dari memasak, mencuci, cash ponsel, menjalankan perangkat elektronik, menyalakan lampu dan banyak hal lainnya yang kita lakukan berkaitan dengan listrik.

BACA JUGA:
Jalan Rusak Menuju Destinasi Wisata Liang Bua Diperbaiki Warga

Digitalisasi memang membawa perubahan manusia ke arah yang lebih simple, meningkatnya penggunaan AI dan Robotik juga memberikan pesan dunia masa depan listrik benar-benar menjadi peyangga utama.

Maka pertanyaannya apa yang terjadi bila manusia modern hidup tanpa listrik satu hari saja?

Berkaca pada kerusakan listrik di tanggal 4 Agustus 2019 untuk pasokan Pulau Jawa dan Bali, terlihat manusia akan dilanda kejenuhan bahkan banyak perusahaan yang mengalami kerugian karena tidak bisa beroperasi dengan baik. Digitalisasi dan internet masa kini memang memberikan dampak yang luar biasa bila ternyata listrik itu lumpuh.