Menyoroti Kasus Politik Uang di Manggarai, Kualitas Pemilu dan Demokrasi dalam Pasungan

IMG 20240412 WA0069 jpg

MANGGARAI, SOROTNTT.Com-Praktisi dan Pengamat Hukum, Universitas Katolik Santu Paulus Ruteng, Dr. Lorensius Ni, SH. MH menyoroti kasus Politik Uang yang terjadi di Rura, Desa Rura, Kecamatan Reok Barat, Kabupaten Manggarai, NTT.

Kasus tersebut melibatkan salah satu caleg dari partai Nasdem dapil 4( Kecamatan Cibal, Cibal Barat, Reok, Reok Barat) Kabupaten Manggarai berinial FPN.

BACA JUGA:  Presiden Jokowi Akan Hadiri ASEAN-RoK CEO Summit Hingga Pertemuan Bilateral dengan Presiden Moon Jae-in

Menurut Lorens Ni, Kualitas Pemilu dan demokrasi dalam pasungan. Kasus Politik uang yang ramai dibicarakan di media sosial dan menimpa caleg partai Nasdem di desa Rura membuat mata semua orang terbuka lebar.

Demokrasi yang diharapkan memberi kebebasan kepada masyarakat untuk memilih dan ajang untuk mengevalusi kinerja atau rekam jejak seorang Caleg tidak berjalan semestinya.

BACA JUGA:  Gubernur VBL: ETMC XXXI Ini Momentum Berharga Untuk Mempererat Persaudaraan

Pemilu seharusnya juga menjadi ajang evaluasi kinerja seorang Caleg yang pernah duduk di kursi DPRD oleh pemilih apakah dia dapat terpilih lagi atau dia ditinggalkan.

Jika kinerja baik pasti dipilih lagi, sebaliknya kalau kinerjanya buruk akan ditinggalkan oleh pemilih, saat ini menjadi terpasungnya karena pemilih mendapat sesuatu dengan berbagi bantuan dari caleg yang bersangkutan untuk memenengkan dirinya dalam perhelatan demokrasi.