Presiden Rusia Nyatakan Perang dengan Ukraina, Ini Reaksi  Presiden AS

Jakarta – SorotNTT.Com-Amerika Serikat dan sekutunya akan menanggapi dengan cara bersatu dan tegas terhadap “serangan yang tidak beralasan dan tidak dapat dibenarkan oleh pasukan militer Rusia” di Ukraina, kata Presiden AS Joe Biden setelah ledakan terdengar di ibukota Ukraina, Kyiv, Kamis, 24 Februari 2022.

“Presiden (Vladimir) Putin telah memilih perang terencana yang akan membawa korban jiwa dan penderitaan manusia,” kata Biden dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan Rabu malam waktu AS.

“Rusia sendiri bertanggung jawab atas kematian dan kehancuran yang akan ditimbulkan serangan ini. Dunia akan meminta pertanggungjawaban Rusia.”

BACA JUGA:  Bocah 2 Tahun di Matim Tewas Tenggelam di Laut

Biden mengatakan dia akan mengumumkan pada hari Kamis tindakan lebih lanjut yang akan dikenakan pada Rusia oleh Amerika Serikat dan sekutunya.

Gedung Putih mengatakan Biden akan berbicara pada sore hari.

Pernyataan Biden muncul tak lama setelah Putin mengatakan kepada TV pemerintah Rusia bahwa dia telah mengizinkan operasi militer di Ukraina timur, namun ledakan terdengar di ibukota Ukraina Kyiv dan kota Donetsk di timur Ukraina yang memisahkan diri.

Biden mengatakan dia akan memantau situasi dari Gedung Putih sebelum bertemu secara virtual dengan rekan-rekannya dari negara-negara maju Kelompok Tujuh pada Kamis pagi.

BACA JUGA:  PMKRI dan IMM Kecam Aksi Pembantaian di Selandia Baru

Kemudian, katanya, dia akan “berbicara kepada rakyat Amerika untuk mengumumkan konsekuensi lebih lanjut yang akan dijatuhkan Amerika Serikat dan sekutu serta mitra kami pada Rusia atas tindakan agresi yang tidak perlu ini terhadap Ukraina dan perdamaian serta keamanan global.”

Biden mengatakan Washington juga akan berkoordinasi dengan sekutu NATO “untuk memastikan respons yang kuat dan bersatu yang menghalangi setiap agresi terhadap aliansi.”

SUMBER: TEMPO.CO