Tembok Penahan Ombak di Ronting Jebol, Pemukiman Warga dan Tempat Ibadah Terancam 

20240308 182512 jpg

MANGGARAI TIMUR, SOROTNTT.Com- Terjangan gelombang tinggi laut pantai Utara yang terjadi akir-akir ini telah merobohkan tembok penahan ombak yang ada di Kampung Ronting, Desa Satar Kampas, Kecamatan Lamba Keda Utara, Kabupaten Manggarai Timur, NTT.

 Pantauan Media pada Jumat 8 Maret 2024 di lokasi, “tembok yang panjangnya sekitar 50 meter itu retak dan jebol setelah diterjang gelombang pasang setinggi satu hingga dua meter yang melanda pantai bagian utara Flores tersebut.

BACA JUGA:  Pelaksanaan Pemilu 14 Februari  2024 di Desa Nampar Tabang Dipastikan Berjalan Lancar, Kondusif dan Aman

“Akibat Jebol serta terkikisnya tanggul penahan ombak itu membuat beberapa rumah milik warga, Tempat Ibadah serta beberapa fasilitas Instansi Pemerintah  terancam disapu gelombang pasang air laut”.

Muhammad Nur, salah seorang warga Kampung Ronting menyampaikan,” gelombang pasang akhir-akhir ini cukup parah sehingga menyebabkan tanggul buatan pemerintah retak dan jebol akibat kikisan air laut.

BACA JUGA: 

Sekarang ini kami mulai khawatir jika kondisi gelombang pasang air laut itu terus berlanjut maka jelas akan menyebabkan rumah milik warga, Tempat Ibadah serta fasilitas umum lainya semakin terancam keberadaanta akibat terkikis air laut,”jelasnya.