Sejarah Berdirinya SMGM

20230313 195137 4 jpg

Oleh:  Loeky Tjoa

Ide Awal Terbentuk komunitas awam Awalnya thn 2012, masuk proposal dari suatu komunitas di Merauke, diterima seorang suster dari Kongregasi Suster Cinta Kasih dari Yesus dan Maria Bunda Pertolongan Baik (KYM) di Surabaya, kemudian menginfokan pada saya.

Dari proposal ini timbul ide untuk membentuk komunitas awam. Singkat cerita lahirlah komunitas awam KKYM. 

BACA JUGA:
Empat Profesor Termuda di Dunia, Dua Orang dari Indonesia

Berawal dari ide ini, saya mencoba cerita pada Sr. Grasiana PRR, karena kebetulan kami sekeluarga kenal dekat dengan beliau, yang waktu itu sebagai wakil PU PRR. Respon baik dari suster, kemudian saya menindak lanjutin dengan membentuk grup BBM, dan ada beberapa awam mau bergabung.

Dikarenakan kurangnya sapaan dari suster pemimpin di Surabaya waktu itu, akhirnya satu demi satu anggota mengundurkan diri dari group. 

BACA JUGA:
Gubernur NTT : Budaya Literasi harus Diwariskan pada Generasi Muda

Tahun 2017, ketika suster Grasiana berkunjung ke Surabaya, mengangkat kembali cerita tentang komunitas awam PRR, saya setuju untuk mencoba kembali.

Puji Tuhan dukungan dari suster pemimpin di Surabaya yang waktu itu Sr. Karina, PRR dan Sr. Yusticia, PRR yang ketika itu baru selesai pendidikan S2 di Malang yang berlibur di Surabaya sebelum kembali Larantuka.