Tinjau Pelabuhan Merak, Presiden Pastikan Kesiapan Arus Mudik 2023

Img 20230411 wa0118 1

SOROTNTT.COM-Presiden Joko Widodo meninjau langsung Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Provinsi Banten pada Selasa, 11 April 2023. Presiden Jokowi ingin memastikan bahwa kesiapan dan desain besar perencanaan arus mudik pada tahun ini dapat berjalan dengan baik.

“Jadi mengacu kepada masalah yang terjadi pada arus mudik pada tahun yang lalu, utamanya di jalan tol dan juga di Pelabuhan Merak, saya hadir di sini untuk memastikan bahwa persiapan-persiapan, desain perencanaan itu betul-betul sudah pada posisi yang siap,” ujar Presiden dalam keterangannya selepas peninjauan.

BACA JUGA:
Presiden Jokowi: Keutuhan NKRI adalah Segala-galanya

Lebih lanjut, Presiden meminta seluruh jajarannya untuk menghitung secara detail perencanaan arus mudik tahun ini yang diperkirakan jumlah pemudiknya meningkat dari 86 juta ke 123 juta. Presiden berharap problem yang terjadi pada mudik tahun lalu seperti kemacetan di ruas Cikuasa Atas dan Cikuasa Bawah tidak terjadi lagi pada tahun ini.

BACA JUGA:
Megawati Soekarnoputri Larang Menteri PDI-P Mundur dari Kabinet Jokowi: Implikasi Terhadap Stabilitas Pemerintahan

“Saya ingatkan semuanya yang ingin mudik hati-hati, ada lompatan yang besar jumlah masyarakat yang mudik, dari 86 juta dari survei ini, ke 123 juta. Artinya ada kenaikan kurang lebih 45 persen. Ini yang semuanya harus dihitung, dikalkulasi, sehingga tadi saya menanyakan secara detail karena tidak ingin kejadian tahun yang lalu terjadi pada tahun ini,” jelasnya.