Pater Waser Dijaga Malekat Pelindung

Pater Waser

Hari Senin, 14 Pebruari yang lalu saya ke Steinhausen. Saya mengunjungi Missionshaus Maria Hilf atau komunitas SVD Santa Maria Penolong di sana. Missionshaus Maria Hilf Steinhausen adalah satu-satunya rumah SVD di Swiss saat ini. Saya mengikuti ibadat dan makan siang bersama sambil ngobrol dengan sama saudara.

Mayoritas penghuni komunitas Steinhausen adalah para misionaris senior Swiss seperti Hansruedi Krieg, Marsel Frey, Rainer Schaffhauser, Tony Hollenstein. Hansruedi pernah bermisi di Brasil dan Tony Hollenstein di Papua Nugini. Mereka menikmati masa tua di Steinhausen sambil sesekali membantu pelayanan di paroki-paroki sekitar.

BACA JUGA:  Dokumen Akhir Sinode untuk Amazon: Dari Pertobatan Pastoral hingga Diakon Permanen untuk Perempuan

Selain imam-imam tua, komunitas Steinhausen juga dihuni imam-imam medior seperti Matthias Helms (orang Jerman yang pernah bermisi di Ghana Afrika), Juliprost dan Antonio dari Philipina, Simon dari Mexico dan Albert Nampara dari Mbaumuku-Ruteng, Flores, Indonesia. Para imam medior ini melayani paroki-paroki di sekitar Steinhausen. Dan jasa pelayanan mereka mendukung kehidupan komunitas.