Ketika Advokasi Menjadi Provokasi

Setiap warga tidak mampu bisa sekolah dan mendapatkan pelayanan kesehatan. Ada banyak kekurangan. Tapi, kontribusi negara terus meningkat.

Para pemegang kartu BPJS Kesehatan dari golongan PBI (penerima bantuan iuran), misalnya, kini mendapatkan pelayanan kesehatan gratis. Pemegang kartu PBI adalah penduduk miskin yang tidak bayar iuran.

Infrastruktur jalan raya, bandara, pelabuhan, listrik, dan telekomunikasi semakin baik. Demikian pula dengan pasokan air bersih.

BACA JUGA:  Jangan Biarkan Ujaran Kebencian dan Penghinaan Terhadap Kasad

NTT ditetapkan sebagai provinsi pariwisata. Pariwisata menjadi leading sector. Ini tidak berarti sektor lain tidak dikembangkan. Pertanian, peternakan, perikanan, jasa perdagangan, jasa perhotelan, jasa restoran, dan jasa transportasi, jasa properti, jasa kontruksi, dan pertambangan juga dikembangkan untuk menunjang pariwisata.

Pertambangan ada klasifikasinya, yakni pertambangan golongan A, B, dan C. Batu gamping bukanlah pertambangan strategis (golongan A) seperti batubara dan bukan pula pertambangan vital (golongan B) seperti emas tembaga, dan mangan, melainkan pertambangan rakyat (golongan C).